24 Jan 2010

catatan terlambat (yang penting ngisi)

aku menulis ini untuk melawan rasa jenuh menunggu lagu2 dangdut 90-an selesai di dunload. aku tahu, waktu sudah menunjukan jam 4.55 pagi. dan sudah lebih dari 7000 harus membayar warnet. bukan soal warnetnya sekarang. yang menjengkelkan adalah betapa aku tak pernahs adar kalau sudah terlalu sering ke warnet. nyaris sepanjangn malam sampai pagi. apa pun alasannya, ujung-ujungnya pasti buka Facebook juga dan main travian. nah...


aku merasa kekurangan banyak waktu. Tentu saja karena jam 7 pagi aku memulai aktivitas tidurku. sungguh tidak kreatif sama sekali. lalu aku akan bangun menjelang sore. menghidupkan komputer, mendengar musik sambil cuci muka dan bikin kopi. setelah itu melamun di depan komputer kalau tidak nonton film. tak disadari senja pun akan datang. kalau pun bekerja mungkin aku hanya mengedit naskah dari kawan Muchlish. dan rasanya itu bukanlahs ebuah kerjaan berat. bayangkan, untuk orang lain itu tenggat waktunya hanya tiga hari. sementara aku? Aku menyelesaikan editanku untuk 160 halaman dalam waktu mingguan.

payah. lalu aku akan mengutuk diri betapa sehari-semalam itu sangat singkat. tak bisa menulis, tidak punya waktu membaca. sekarang, di sini, sambil menunggu lagu2 dangdut ini selesai di dounload, aku menyadari bahwa betapa waktu sehari itu tak ada yang berubah. aku saja yang terlalu bermain2 dengan waktu. bayangkan, kalau sekiranya aku tidur setidaknya jam 11 malam, aku bisa bangun jam 8 atau jam 9 pagilah. nah sisa waktu (kalau aku tak kuliah) bisa kugunakan dengan beberapa hal. tinggal membaginya saja. dan aku tak perlu mengeluh.

lalu soal lain adalah kemalasan.
aku sudah jengkel dengan penyakit ini. malas. aku bingung dengan ini semua. karena ia selalu berkarib dengan kebiasaan menunda. "Ah nantilah membacanya, sekarang istirahat dulu.." atau "Nulisnya jangans ekarang, kumpulkan ide dulu."

benerd eh. aku memiliki banyak energi negatif yang mesti dibuang. hehhe.. aku tak boleh begini-begini terus. menyalahkan diri, menyalahkan itu, menyalahkan anu. padahal kuncinya ada di diriku. aku tak boleh malas, mesti semangat, disiplin, harus ada target, gunakan waktu dengan maksimal, tidak boleh mengeluh, menjaga emosi, tidak terlalu banyak bicara, sedikit tenang dan menjaga sikap. nah, kenapa aku baru bisa menuliskan inis ekarang?

hmm.. kebetulan pula dounloadku sudah nyaris selesai. dan waktu sudah menunjukan jam 5 lebih 10. aku harus segera dan buru2. jangan biarkan semua terlambat.

tapi, bagaimana caranya? apa yang harus aku lakukan lebih dulu? aku ngantuk sekali. kupikir punya rencana (dan melulu rencana begini) bagus, tapi betapa sulitnya untuk memulai.

tapi harus..... tidur nih!

Tidak ada komentar: