25 Agu 2011

Bisakah Menjual Buku Sastra Mengandalkan FB dan Blog?


"Bisakah menjual buku sastra dengan mengandalkan FB dan Blog?" itulah yang beberapa waktu terakhir saya pikirkan. Buku sastra, sebagaimana kita tahu, memiliki banyak problem dan kerumitan. Mulai dari persoalan penerbitan, royalti, distribusi hingga nasib buku (laku dan tak laku).

Namun begitu, buku-buku sastra tetap lahir dan diterbitkan di tiap daerah. Ada banyak penerbitan yang muncul menerbitkan karya-karya sastra dengan beragam genre, beragam usia, beragam personal. Namun kemduian saya merasakan, soal berikutnya adalah distribusi. Toko buku tak selalu punya ruang untuk menampung banyak buku sastra yang lahir tersebut. Jadilah, sebagian besar buku sastra yang terbit (apalagi di daerah) tetap menumpuk, dibagikan ke kawan dekat berharap ada apresiasi atas karya tersebut dan lain sebagainya.

 Saya ingin sekali terlibat dan turut membantu buku-buku sastra yang tak sempat masuk ke toko buku, tak sempat dibicarakan oleh publik. saya ingin sekali terlibat mempromosi dan menjualkannya. Meski pun dbermodal semangat dan sering mood-mood-an saya menampung beberapa buku sastra yang terpantau di blog pustakapelabuhan. Saya juga membuat group Jualan Buku Sastra di FB .

Beberapa hari yang lalu, saya membuat blog: jualbukusastra, rencananya blog ini akan memposting semua buku-buku yang saya punya. jadi blog pertama akan saya gunakan untuk memposting buku-buku sastra yang terpantau oleh saya, dengan catatan buku sastra tersebut tidak terlalu mendapat respon baik oleh pasar, maupun publik dan apresiator, sementara blog kedua untuk memposting buku yang saya jual. Sementara Group di FB untuk info jual beli dan info buku baru terbit.

Demikian. Beri masukan dong Agar saya bisa menjual buku sastra dengan mengandalkan FB dan blog.

1 komentar:

sayamaya mengatakan...

disini ada bbrpa buku sastra yg msh kurang publikasinya. boleh masuk ke blog yg km asuh itu nggak?