5 Feb 2009

sebuah rencana besar yang baru rencana I

Keliling Indonesia I
tiba-tiba saya ingin berkeinginan keliling indonesia, jalan kaki. travelling, backpacker atau apalah istilahnya. Dan ini sungguh-sungguh. Setidaknya, awal tahun depan saya sudah melaksanakan kerja ini, sebelum umur saya pas 27 tahun. Sebelum kematian saya yang pertama. Saya ingin melakukan sebuah misi hebat. melakukan perjalanan dengan kantong kosong, menulisnya dalam catatan harian, dan berharap banyak hal kutemukan selain lelah tentu saja.
Kkeliling indonesia. Amboi! apa yang saya pikirkan ini?

Sederhana saja. saya tidak berhayal akan mengelilingi Eropa sampai Zaire Afrika, tidak juga mengelilingi Eropa, museum da tempat berkelas lainnya, menuliskannya dalam buku-buku laris semacam Edensor (salah satu trilogi Laskar Pelangi itu) atauMenyusuri Lorong-lorong Dunia yang dua jilid itu.

aku tentu saja ingin menulis perjalanan keliling Indonesia ini menjadi sebuah buku. bukan buku paduan wasata yang akan bercerita keelokan pantainya, ketinggian gunung, tempat menginap yang murah dan nyaman dan tentu saja bukan soal kulinernya. bukan takut latah, tapi aku kurang suka, seolah wisata hanya belanja, belanja dan makan.

adakah seseorang bersepakat denganku dan menepuk pundakku memintaku berada dalam timnya untuk menyusuri jagat nusantara nan elok dan eksotik ini. aku hanya butuh dua-tiga orang kawan perjalanan, sudah termasuk dengan diriku.

sepanjang jalan kami (aku dan kalian yang tiba-tiba berminat) hidup dari cara yang menyedihkan, membacakan puisi di jalan-jalan, kuharap seseorang bisa memaikan biola dan seorang lagi pintar bermain sulat dan satu diantara dua kawanku seorang anggota mapala setidaknya pernah tinggal di alam liar, mengepak barang, dan seorang yang lain seoarng negosiator yang handal.

dari satu kota ke kota lain aku ingin kami berada di sana satu-dua hari agar tidak sekedar singgah tapi merasakan suasana yang ada.

banyak lagi yang ingin kutulis soal perjalanan ini. salah satunya adalah persoalan poin-poin yang harus dicatat dan menjadi kewajiban sebelum mulai perjalanan dan selama perjalanan. ini sungguh berat, sangat berat. demi tuhan ini akan sangat menyakitkan.

besok lagi kutuliskan rahasia ini.

NB: perjalanan ini aku ingion hanya tiga orang saja. dua cowok dan satu cewek. dengan latar belakang yang berbeda.

siap menyusuri sudut terjkecil dari ibu pertiwi ini. sebagai catatan, mungkin kita akan mati di laut, terkapar di got dan semacamnya. jadi hanya untuk yang berani mati saja.

bersambung ya?

Tidak ada komentar: